Untuk Kebebasan Waktu dan Finansial Anda! Serta orang yang Anda Cintai.

"Orang yang tidak pernah ke mana-mana, dan tidak mempunyai rencana untuk tiba di suatu tempat, selalu mempunyai setumpuk dalih untuk menjelaskan mengapa? Orang dengan prestasi sedang-sedang saja cepat sekali menjelaskan mengapa mereka belum berhasil, mengapa mereka tidak berhasil, mengapa mereka tidak dapat berhasil, dan mengapa mereka bukan orang yang berhasil".
David J. Schwart


Senin, 29 November 2010

5 langkah untuk menghipnotis pungunjung blog menjadi pembaca setia


Sebuah blog hanya akan bertahan beberapa menit untuk di baca pengunjung, alangkah baiknya jikalau pengunjung itu mau bertahan membaca blog anda berjam-jam, bahkan blog anda bisa menjadi bacaan sehari-hari pungunjung, untuk itu di perlukan cara untuk menghipnotis pengunjung menjadi pembaca setia.
Terinspirasi dari seorang kawan di xnakool.blogspot.com disini saya sajikan rangkuman, bagaimana cara membuat pengunjung blog anda menjadi pembaca setia, dan semua itu cukup hanya dalam 5 langkah:

Langkah 1 Perhatian
Fokuskan perhatian Anda di bagian judul artikel. 
Buatlah judul artikel yang semenarik mungkin. Hal ini akan membuat pengunjung tersebut 'terkesan pada pandangan pertama', 
Penggunaan angka dalam judul artikel (seperti misalnya judul artikel yang sedang Anda baca ini) biasanya mudah sekali menarik perhatian pengunjung untuk membaca artikel tersebut. Atau Anda dapat menggunakan kata-kata ampuh lain yang 'mengundang' minat pembaca.

Langkah 2 Menarik
Tunjukkan Anda dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi. 
Untuk dapat sukses melakukan hal tersebut, maka Anda harus memperhatikan dua hal berikut:
a. Fokus pada hal-hal yang menguntungkan bagi mereka, bukan terhadap fitur dari apa yang      Anda tawarkan
Pada judul artikel Anda usahakan untuk memasukkan kata-kata yang sekiranya bisa menimbulkan kesan yang akan memberi keuntungan kepada pengunjung Anda.
Contohnya: Perhatikan dua judul artikel di bawah ini. Saya yakin, judul yang pertama pasti akan lebih menarik untuk Anda baca dibanding judul yang kedua :
* 3 Cara yang mudah Anda ikuti untuk menghasilkan uang secara online
* 3 Keunggulan software A dalam menghasilkan uang secara online

b. Pertahankan mereka selama mungkin untuk membaca artikel Anda.
Caranya adalah dengan menghindari penulisan dalam paragraf yang panjang-panjang, sebab ini akan sangat membosankan, dan dapat membuat pengunjung tersebut buru-buru menekan tombol back atau close di browsernya. Artikel blog Anda bukanlah suatu karya tulis ilmiah. Bukan pula untuk diperlombakan dalam lomba penulisan artikel. Jadi gunakanlah paragraf yang pendek-pendek saja, pecah paragraf yang panjang tadi menjadi paragraf yang lebih pendek. Optimalkan pemakaian huruf miring atau huruf tebal untuk menarik perhatian. Usahakan pula untuk menggunakan list dalam setiap tulisan Anda. Percaya deh, pembaca suka membaca jika informasi tersebut disajikan dalam urutan (list). Hindari penggunaan istilah canggih yang mungkin akan membingungkan atau membosankan. Jika perlu gunakan bahasa lisan sehari-hari agar lebih mudah dipahami.

Langkah 3. Navigasi
Bikin pengunjung Anda betah di blog Anda.
Pastikan bahwa navigasi blog Anda mudah untuk dipahami, mudah terlihat, dan tidak membingungkan pengunjung, sehingga mereka harus memencet tombol mana untuk mencari suatu informasi yang ingin diketahuinya. Jika pengunjung Anda nyaman dengan navigasi blog Anda maka mereka akan betah berlama-lama di sana, dan akan menjadi pembaca setia Anda. 

Langkah 4. Kepercayaan
Pastikan mereka yakin bahwa ada ANDA di balik semua artikel dalam blog tersebut.
Kepercayaan adalah faktor yang amat penting bagi seorang pengunjung untuk menjadi pembaca setia di blog Anda. Mereka harus yakin bahwa mereka berhubungan dengan manusia beneran, bukan mesin otomatisasi. Karena itu dalam blog Anda perlu suatu halaman tentang About Me atau yang seperti itu. Lebih baik lagi jika ada foto Anda di dalam halaman tersebut.

Langkah 5. Action
Beritahu mereka cara untuk berlangganan postingan Anda.
Langkah yang terakhir adalah dengan memberitahu kepada pengunjung Anda cara untuk subsribe posting-posting Anda. Semakin mudah cara tersebut akan semakin baik. Beritahu kepada mereka bahwa dengan berlangganan maka mereka akan mendapatkan update setiap kali ada postingan baru di blog Anda tersebut.

Demikianlah lima langkah yang dapat Anda tempuh untuk dapat mengubah pengunjung biasa di blog Anda menjadi pembaca setia. Perlakukan mereka dengan 'manusiawi' di blog Anda…maksud saya, blog Anda memang dibuat untuk manusia, untuk mereka, dan bukan semata-mata untuk search engine.

Yakinlah, jika pengunjung Anda sudah percaya kepada Anda maka mereka akan menjadi pembaca yang setia bagi blog Anda, dan bukan tidak mungkin  suatu hari nanti mau membeli apapun yang Anda tawarkan kepada mereka...dengan demikian usaha Anda untuk menghasilkan uang secara online akan berjalan seperti yang Anda inginkan.  
move&refresh: sebenarnya artikel ini sudah pernah saya posting tgl 09/10/09.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Bisnis Fantastis secara gratis melalui email

Delivered by FeedBurner

Sebaiknya baca juga artikel terkait berikut ini:

14 komentar:

  1. __Artikel blog Anda bukanlah suatu karya tulis ilmiah. Bukan pula untuk diperlombakan dalam lomba penulisan artikel. Jadi gunakanlah paragraf yang pendek-pendek saja,...___

    saja juga setuju dengan pendapat itu. dulu ketika pertama kali mengenal dunia blog, saya sering sekali membuat postingan dengan paragraf yang panjang. Dan memang benar, saja sendiri bosan membacanya.

    BalasHapus
  2. Wah ulasannya sangat menarik mas,
    btw artikel lama yang disempurnakan ya mas..

    BalasHapus
  3. dulu aq sebelum kenal blog berkutat dengan bis nis online baca postingan ini jd pengen lagi belajar bisnis online

    BalasHapus
  4. imroee: Kemana aja bro apa kabar? memang benar nggak usah panjang lebar, singkat aja yang penting berbobot.

    Zaiful: lebih dirampingkan dan penyegaran dikit mas.

    Rizky: Piye kabare Tulung Agung? ayo mulai aja join "Rahasia Panas" tempatnya belajar bisnis online.

    BalasHapus
  5. Langkah 1 Perhatian. Fokuskan perhatian Anda di bagian judul artikel. Ya, betul sekali, Mas Agus pemilihan judul yang menarik itu sangat penting untuk mengundang orang untuk mengunjungi blog kita. Contohnya, judul artikel ini sudah mengundang saya kesini lewat facebook. HeHe

    BalasHapus
  6. Dari dulu saya berusaha menghipnotis pengunjung, tapi kok tidak pernah bisa terhipnotis ya,,hehehe
    salam kenal mas,,terimakasih atas ilmunya!!

    BalasHapus
  7. mantaps kalo gitu. dapat jurus baru nih :)

    siap-siap sihir pengunjung ah. supaya kalo dah lengah kita copet deh dompetnya :D

    BalasHapus
  8. @Alvi:
    Makanya sekarang dipraktekkan ilmu 5 langkah menghipnotis pengunjung.

    @Andi: wah di copet hatinya aja mas biar kesengsem terus sama blognya mas Andi

    BalasHapus
  9. mkasih tipsnya, kayaknya artikel saya malahh nggak ada yg panjang kkkkkkkkkkkkkkkkk

    BalasHapus
  10. lalau bagaimana dengan blog ini sendiri..???

    BalasHapus
  11. @use document:
    hanya anda sendiri yang punya penilaian, karena kalau saya yang menilai akan tidak obyektif,
    prinsipnya learning by doing is better than doing is nothing.

    BalasHapus
  12. teman saya bisnis warnet menggunakan jaringan wereless..
    mungkin ini bisa bisa dicoba "dalam connection werelles tentunta disetting password untuk connectsinya"

    BalasHapus
  13. Nice artikel brother, terutama point 'Action', saya masih menunggu juga tentang Exim Paperwork nya mas Agus... ;p Pis pis

    BalasHapus
  14. blog saya, saya cek di histast rata-rata 90% pengunjung baru.. mungkin tips diatas akan saya coba...
    terima kasih atas artikelnya yang bermanfaat :D

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog saya,
silahkan meninggalkan komentar setelah membaca, berikan kritik dan saran untuk kemajuan blog ini. Mohon maaf kalau semua komentar dan pertanyaan belum sempat saya jawab.
Salam Hangat!

Domain & Hosting murah!

Like this Blog?

Bisnis Fantastis on Facebook

  © copyright 2009 Bisnis Fantastis is proudly powered by Ourblogtemplates.com

Kembali ke ATAS