Untuk Kebebasan Waktu dan Finansial Anda! Serta orang yang Anda Cintai.

"Orang yang tidak pernah ke mana-mana, dan tidak mempunyai rencana untuk tiba di suatu tempat, selalu mempunyai setumpuk dalih untuk menjelaskan mengapa? Orang dengan prestasi sedang-sedang saja cepat sekali menjelaskan mengapa mereka belum berhasil, mengapa mereka tidak berhasil, mengapa mereka tidak dapat berhasil, dan mengapa mereka bukan orang yang berhasil".
David J. Schwart


Selasa, 11 Agustus 2009

Bagaimana Blog Dikenal Search Engine ?

Untuk bisa menghasilkan traffik pengunjung dari menuju blog kita dari search engine, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat blog kita terindeks oleh search engine. Atau dalam bahasa orang umum, membuat blog kita “dikenal” oleh search engine seperti google, yahoo dan sebagainya.
Kenapa harus terindeks / dikenal search engine? Sebab dengan dikenalnya blog kita oleh search engine, maka itu membuat search engine bisa mereferensikan blog kita saat ada orang yang mencari keyword tertentu. Jika tidak dikenal, maka kita tidak akan pernah direferensikan oleh search engine. Dan akibatnya, jarang ada pengunjung datang ke blog kita, akibatnya pagerank tidak cepat naik.

Kalau dalam dunia nyata, logikanya jika tidak dikenal maka tidak akan ada orang yang mereferensikan kita. Walaupun katakanlah kita jago sekali dalam urusan servis komputer, tapi kalau kita tidak dikenal orang, maka orang tidak akan menyebut nama kita sebagai jago servis komputer saat ada yang sedang butuh. Logis kan?

Lalu, bagaimana cara mengecek apakah blog kita sudah ter-indeks oleh search engine atau belum? Jawabannya, silakan cek di search engine yang inginkan, lalu ketikkan alamat blog Anda di sana.

Misalnya untuk mengecek apakah blog saya sudah terindeks di google,

* pergilah ke google.com
* ketik kata:bisnis fantastis
* jika ada halaman dari bisnis fantastis muncul di hasil pencarian, maka berarti blog tersebut sudah diindeks google. Jika tidak, maka sebaliknya.

Nah, yang jadi masalah, kadang ada pertanyaan masuk ke email saya, tentang bagaimana caranya supaya situs atau blog yang dimiliki seseorang bisa terindeks search engine? Apakah Anda memiliki pertanyaan yang sama?

Tanggapan saya: caranya mudah sekali :)

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Tergantung dari di mana Anda membuat blog Anda.

Cara pertama: membiarkan terindeks sendiri.

Cara ini adalah cara paling mudah. Dan berlaku jika blog Anda memiliki alamat di blogspot.com atau di wordpress.com.

Dengan cara ini Anda hanya perlu menunggu supaya google / yahoo / lainnya datang sendiri ke blog Anda. Tidak perlu mengenalkan blog Anda ke search engine – search engine tersebut. Kenapa? Karena secara default, blog yang didaftarkan di blogspot.com dan wordpress.com akan didaftarkan secara otomatis.

Cara kedua: mendaftarkan manual ke search engine

Cara ini adalah cara yang kedua. Silakan daftarkan langsung blog Anda di halaman pendaftaran URL dari search engine. Cara ini memastikan bahwa blog Anda pasti terindeks oleh search engine.

Untuk mendaftar, silakan daftarkan blog Anda ke :

* google, di google.com/addurl
* yahoo, di siteexplorer.search.yahoo.com
* bing, di bing.com/docs/submit.aspx

masukkan URL (alamat) dari blog Anda di sana, isi formulir yang diberikan di sana.

Cara ketiga: meminta link dari blog lain

Cara terakhir, cobalah untuk mendapat link dari situs / blog lain yang sudah ter-indeks oleh search engine seperti google. Misalnya, coba minta teman Anda untuk memberi sebuah backlink menuju blog Anda.

Nanti search engine akan secara otomatis mengikuti link yang diberikan oleh teman Anda (atau situs lainnya) untuk kemudian meng-indeks blog Anda, seperti search engine mengindeks web yang memberi Anda link tersebut.

Sudah, selesai. Hanya 3 (tiga) cara itu saja. Tidak susah kan?

Jadi, sekarang coba lakukan salah satu atau ketiga cara tersebut sekaligus. Saya yakin, jika Anda melakukannya maka blog Anda akan ter-indeks oleh google dalam waktu beberapa hari saja. Dijamin!!

The original by Mas Haryo

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Bisnis Fantastis secara gratis melalui email

Delivered by FeedBurner

Sebaiknya baca juga artikel terkait berikut ini:

2 komentar:

  1. Artikelnya mantap mas Agus.. Blog ku udah ke-index Search engine sehari setelah ngedaftar ke google dan yahoo. Untuk yahoo, saya pakai cara "pemaksaan" dengan memasukkan rss feed myyahoo. Untuk google saya pakai model submit dulu ke banyak direktori blog trus ndaftarin ke search engine google dengan teknik pemaksaan juga dengan nge-ping keyword ke google dari ip addres yang berbeda-beda. Langsung maknyos. Thanks buat tipsnya mas agus.

    NB: Tentang "Cara ngasih photo cara Mizwar"
    Sebenarnya tidak ada yang salah dengan cara tersebut dan dulu masih bisa. Akan tetapi saat ini, cara tersebut Mizwar tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi karena Blogger sudah mengatasinya dengan cara di bawah ini:

    Masuk ke Pengaturan ==> Komentar ==> Tampilkan Gambar profil dalam komentar ==> Pilih Ya

    Photo pemberi komentar "hanya kelihatan" jika pemilik blog menyetting komentar pada Halaman penuh dan Jendela munculan (popup). Jika komentar disetting dengan pilihan Disemat di bawah entri, maka photo profil tidak akan kelihatan. Forum blogger memberitahu kalau blogger masih mengatasi masalah ini.
    Saya sudah pernah coba cara Mizwar dan memang tidak berhasil. Mudah-mudahan saya menemukan cara lain. Mohon maaf bila saya belum bisa membantu untuk menampilkan photo pemberi komentar blogger profil saat ini.

    Salam..

    BalasHapus
  2. keren banget tipsnya mas, makasih jadi banyak tau agar blog lebih di kenal search engine

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog saya,
silahkan meninggalkan komentar setelah membaca, berikan kritik dan saran untuk kemajuan blog ini. Mohon maaf kalau semua komentar dan pertanyaan belum sempat saya jawab.
Salam Hangat!

Domain & Hosting murah!

Like this Blog?

Bisnis Fantastis on Facebook

  © copyright 2009 Bisnis Fantastis is proudly powered by Ourblogtemplates.com

Kembali ke ATAS