Untuk Kebebasan Waktu dan Finansial Anda! Serta orang yang Anda Cintai.

"Orang yang tidak pernah ke mana-mana, dan tidak mempunyai rencana untuk tiba di suatu tempat, selalu mempunyai setumpuk dalih untuk menjelaskan mengapa? Orang dengan prestasi sedang-sedang saja cepat sekali menjelaskan mengapa mereka belum berhasil, mengapa mereka tidak berhasil, mengapa mereka tidak dapat berhasil, dan mengapa mereka bukan orang yang berhasil".
David J. Schwart


Kamis, 15 April 2010

Tips & Trik memanfaatkan social network Facebook untuk bisnis

Facebook atau Fesbuk pastilah kita semua tahu dan mungkin sering memainkannya. Dulunya kita mungkin terlebih dulu memainkan Friendster, MySpace, Ning, Linkedin, dan lain-lainnya. Secara umum tidak ada yang berbeda dengan semua social network itu. Namanya social network tentu gunanya untuk memperluas networking (jaringan). Sekalipun secara khusus masing-masing social networking itu menawarkan fitur-fitur dan cita rasanya sendiri-sendiri.
Yang mengusik saya adalah apakah semua social network tersebut dapat berguna buat bisnis yang kita jalani? Atau jangan-jangan seperti kata banyak orang, berbagai social networking itu hanya membuang-buang waktu kita saja? Kalau benar Facebook berguna buat perkembangan bisnis kita bagaimana kita melakukannya?
Menurut saya, Facebook dan segala macam social network yang ada sekarang, bisa berguna untuk perkembangan bisnis online kita.

Bagaimana cara memanfaatkan social network Facebook untuk bisnis?


Mudah saja! Anda harus mampu membuat teman-teman di Facebook mengunjungi website atau blog anda, jika belum banyak teman-teman anda yang kemudian tertarik datang ke blog atau website Anda, sepertinya Anda perlu:

1. Perbaiki data profile di Facebook.
Tidak perlu ragu mencantumkan blog atau website di profile Anda. Sesekali undang para teman-teman anda untuk datang ke blog atau website Anda.
2. Beriklan di Facebook.
Bila ada dana, bisa dicoba beriklan di Facebook untuk mempromosikan bisnis Anda. Terkadang Facebook juga menyediakan kupon iklan.
3. Buat group untuk mengumpulkan rekan dan kawan yang memiliki hobi, kegemaran, organisasi, atau letak geografis yang sama.
Sebagai contoh seperti grup Online Entrepreneur Indonesia dan FacebookPages.
4. Manfaatkan RSS
Anda dapat menggunakan aplikasi “Blog RSS Feed Reader” di Facebook untuk berbagi link RSS. Anda bisa mengimport keseluruhan isi postingan di blog ataupun ringkasannya. Pilihan lain bisa dijajal juga “NetworkedBlogs”.
5. Lakukan personal branding di Facebook
Targetnya sederhana saja, paling tidak kawan-kawan Anda di Facebook tahu siapa Anda. Apakah Anda seorang guru, apakah Anda seorang pebisnis, dll. Untuk itu manfaatkan maksimal profile Facebook Anda dan isi dengan benar. Biarkan mereka tahu siapa Anda dan apa pekerjaan Anda, sehingga bila mereka ada yang ingin ditanyakan berkaitan dengan hal yang dikuasai, mereka akan menghubungi Anda.
6. Pertahankan dan jaga hubungan.
Kirimkan private message untuk memperkuat hubungan Anda. Memberikan gift pun tidak ada salahnya Anda lakukan. Intinya jaga hubungan dengan kawan-kawan Anda agar langgeng dan kalau bisa ditingkatkan.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas traffic website dan blog Anda akan meningkat pesat dan pada akhirnya memajukan bisnis Anda.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Bisnis Fantastis secara gratis melalui email

Delivered by FeedBurner

Sebaiknya baca juga artikel terkait berikut ini:

6 komentar:

Terima kasih telah mengunjungi blog saya,
silahkan meninggalkan komentar setelah membaca, berikan kritik dan saran untuk kemajuan blog ini. Mohon maaf kalau semua komentar dan pertanyaan belum sempat saya jawab.
Salam Hangat!

Domain & Hosting murah!

Like this Blog?

Bisnis Fantastis on Facebook

  © copyright 2009 Bisnis Fantastis is proudly powered by Ourblogtemplates.com

Kembali ke ATAS