Untuk Kebebasan Waktu dan Finansial Anda! Serta orang yang Anda Cintai.

"Orang yang tidak pernah ke mana-mana, dan tidak mempunyai rencana untuk tiba di suatu tempat, selalu mempunyai setumpuk dalih untuk menjelaskan mengapa? Orang dengan prestasi sedang-sedang saja cepat sekali menjelaskan mengapa mereka belum berhasil, mengapa mereka tidak berhasil, mengapa mereka tidak dapat berhasil, dan mengapa mereka bukan orang yang berhasil".
David J. Schwart


Selasa, 07 Mei 2013

Carpal Tunnel Syndrome, Saraf Terjepit di Pergelangan Tangan

C T S
Carpal tunnel syndrome adalah kondisi tangan dan lengan semakin menyakitkan disebabkan oleh saraf terjepit di pergelangan tangan. Sejumlah faktor dapat berkontribusi untuk carpal tunnel syndrome, termasuk anatomi pergelangan tangan, beberapa masalah kesehatan mendasar, dan mungkin pola penggunaan tangan.

Terikat oleh tulang dan ligamen, terowongan karpal adalah jalan sempit yang terletak pada bagian telapak dari pergelangan tangan. Terowongan ini melindungi saraf utama untuk tangan dan sembilan tendon pada jari. Kompresi saraf menghasilkan mati rasa, rasa sakit, dan, akhirnya kelemahan tangan yang menjadi ciri carpal tunnel syndrome. Untungnya, untuk kebanyakan orang yang mengembangkan carpal tunnel syndrome, pengobatan yang tepat biasanya dapat meringankan nyeri dan mati rasa dan mengembalikan penggunaan normal dari pergelangan tangan dan tangan.
Penyebab

Carpal tunnel syndrome terjadi sebagai akibat dari kompresi saraf median. Nervus medianus berjalan dari lengan melalui sebuah lorong di pergelangan tangan (terowongan karpal) ke tangan. Saraf tersebut memberikan sensasi ke sisi telapak ibu jari dan jari-jari, kecuali jari kelingking. Saraf tersebut juga memberikan sinyal saraf untuk menggerakkan otot-otot di sekitar dasar ibu jari (fungsi motorik).

Secara umum, apa pun yang mengganggu atau menekan saraf median di ruang terowongan karpal dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome. Misalnya, patah tulang pergelangan tangan dapat mempersempit terowongan karpal dan mengiritasi saraf, seperti pembengkakan dan peradangan yang dihasilkan dari rheumatoid arthritis. Dalam banyak kasus, tidak ada penyebab tunggal yang dapat diidentifikasi. Mungkin bahwa kombinasi faktor risiko berkontribusi pada pengembangan kondisi.

Gejala

Carpal tunnel syndrome biasanya dimulai secara bertahap dengan sakit samar di pergelangan tangan yang dapat memperpanjang ke tangan atau lengan bawah. Gejala carpal tunnel syndrome umumnya meliputi:

1. Kesemutan atau mati rasa di jari atau tangan, terutama ibu jari dan jari telunjuk.
2. Nyeri memancar atau memanjang dari pergelangan tangan sampai lengan dan bahu atau ke dalam telapak tangan atau jari.
3. Kelemahan di tangan dan kecenderungan untuk menjatuhkan benda.

Pengobatan

Beberapa orang dengan gejala ringan carpal tunnel syndrome dapat meringankan ketidaknyamanan mereka dengan mengambil istirahat lebih sering dan memberikan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan. Jika hal tersebut tidak dapat membantu dalam beberapa minggu, pilihan pengobatan tambahan termasuk belat pergelangan tangan, obat-obatan, dan operasi. Belat dan perawatan konservatif lainnya lebih mungkin untuk membantu jika hanya memiliki gejala ringan sampai sedang kurang dari 10 bulan.

1. Terapi non-bedah

Metode ini dapat meliputi:
1. Belat pergelangan tangan.
2. Obat anti inflammatory drugs (NSAID)
3. Kortikosteroid

2. Operasi

Jika gejala yang parah atau menetap setelah mencoba terapi non-bedah, operasi mungkin akan menjadi pilihan terbaik.

Tujuan dari operasi terowongan karpal adalah untuk mengurangi tekanan pada saraf median dengan memotong ligamentum menekan pada saraf. Beberapa teknik operasi tersebut dapat mencakup:

1. Endoscopic surgery
2. Open surgery

Sumber: detikHealth /MayoClinic


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Bisnis Fantastis secara gratis melalui email

Delivered by FeedBurner

Sebaiknya baca juga artikel terkait berikut ini:

3 komentar:

Terima kasih telah mengunjungi blog saya,
silahkan meninggalkan komentar setelah membaca, berikan kritik dan saran untuk kemajuan blog ini. Mohon maaf kalau semua komentar dan pertanyaan belum sempat saya jawab.
Salam Hangat!

Domain & Hosting murah!

Like this Blog?

Bisnis Fantastis on Facebook

  © copyright 2009 Bisnis Fantastis is proudly powered by Ourblogtemplates.com

Kembali ke ATAS