Untuk Kebebasan Waktu dan Finansial Anda! Serta orang yang Anda Cintai.

"Orang yang tidak pernah ke mana-mana, dan tidak mempunyai rencana untuk tiba di suatu tempat, selalu mempunyai setumpuk dalih untuk menjelaskan mengapa? Orang dengan prestasi sedang-sedang saja cepat sekali menjelaskan mengapa mereka belum berhasil, mengapa mereka tidak berhasil, mengapa mereka tidak dapat berhasil, dan mengapa mereka bukan orang yang berhasil".
David J. Schwart


Selasa, 13 April 2010

6 KESALAHAN FATAL FACEBOOKER

Review: Semenjak adanya Facebook  mungkin saat ini  pekerjaan sebagai Human Resources di sebuah perusahaan lebih praktis  dalam menilai para pelamar kerja, kenapa demikian...? Menurut survey, 30% perusahaan menggunakan Facebook untuk menilai calon pegawainya. Jadi, jangan sembarang menulis atau meng-upload sesuatu di account Anda.
Hindari 6 kesalahan fatal facebooker di bawah ini.

1. Foto profil yang kurang "sopan"
Sekilas tidak ada yang salah dari memasang foto profil yang menunjukkan Anda sedang berpose menggoda atau menenggak sebotol minuman keras. Namun jika foto tersebut dilihat oleh calon atasan, imej profesional Anda akan langsung runtuh.

2. Mengeluh tentang pekerjaan
Bisa berupa keluhan tentang pekerjaan yang menumpuk, atau uneg-uneg akan atasan yang tidak kompeten. Mengeluh itu wajar, namun jika Anda melakukannya di forum publik, lain lagi ceritanya.

3. Menulis sesuatu yang bertentangan dengan isi CV
Anda menulis 1984 sebagai tahun lahir Anda di dalam CV. Tapi di Facebook, tahun lahir Anda 1979. Sekecil apapun perbedaan data diri tersebut, Anda beresiko dicap tidak jujur. Minimal ceroboh dan tidak teliti.

4. Menulis status "mengadu"
Hati-hati saat menulis status seperti, "Tommy nggak masuk hari ini karena "sakit", padahal lagi liburan di Bali. Sementara aku terkurung dengan kerjaan yang menumpuk." Bukan hanya nama baik teman Anda saja yang dipertaruhkan, tapi juga kredibilitas Anda sendiri. Anda akan terlihat licik dan tidak dapat dipercaya.

5. Tidak menggunakan fasilitas Privacy Setting
Kita dapat mengatur siapa saja yang bisa melihat profil lengkap kita, siapa yang tidak bisa melihat foto-foto tertentu, dsb. Sayangnya, tidak semua pengguna Facebook memanfaatkan fasilitas ini. Bahkan banyak yang tidak mengerti atau tidak tahu sama sekali.

6. Pencemaran nama baik
Anda sudah menjaga halaman Facebook Anda baik-baik sehingga terlihat profesional. Tiba-tiba seorang teman meng-upload foto Anda yang sedang mabuk, dan tentunya tak lupa men-tag Anda. Rajin-rajinlah mengecek Facebook Anda sehingga bisa langsung menghapus konten yang tidak diinginkan.
inspired by: (meme.yahoo)

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Bisnis Fantastis secara gratis melalui email

Delivered by FeedBurner

Sebaiknya baca juga artikel terkait berikut ini:

6 komentar:

  1. tips yang bagus banget sob, mengingatkan kita agar berhati-hati untuk menjaga nama baik kita sendiri di Facebook....

    BalasHapus
  2. yang jelas,, jangan sampai facebook digunakan sebagai media curhat,, gakan aman..mending ditulis di diari dan media lainnya yang susah diakses orang

    BalasHapus
  3. ok banget bos tipsnya
    boleh juga tuch benr banget kita juga harus selalu hati2,,

    BalasHapus
  4. emang bener gan
    sekarang mah udah aneh-aneh bos suka facebookan kwkwkwkwk

    BalasHapus
  5. Saya bukan pengguna FB, meskipun sempat iseng juga menggunakannya :)

    Saya cuman sering heran melihat pengguna FB (umumnya kalangan ABG) yang super update. Apa yang terlintas dipikiran, langsung ditulis di wall. Bahkan ketika sedang sendirian di rumah pun, mereka menulis di wall "Semua pada pergi. Aku lg sendirian di rumah. BT!"

    Saya tdk bisa membayangkan seandainya ada orang jahat yang membaca wall tersebut, kemudian mencari-cari alamat rumahnya melalu info akun FB-nya! hhehe...

    Salam!

    BalasHapus
  6. Oke mas Anis sampai jumpa kopdar semoga kegiatan off line bertambah sukses

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog saya,
silahkan meninggalkan komentar setelah membaca, berikan kritik dan saran untuk kemajuan blog ini. Mohon maaf kalau semua komentar dan pertanyaan belum sempat saya jawab.
Salam Hangat!

Domain & Hosting murah!

Like this Blog?

Bisnis Fantastis on Facebook

  © copyright 2009 Bisnis Fantastis is proudly powered by Ourblogtemplates.com

Kembali ke ATAS