Untuk Kebebasan Waktu dan Finansial Anda! Serta orang yang Anda Cintai.

"Orang yang tidak pernah ke mana-mana, dan tidak mempunyai rencana untuk tiba di suatu tempat, selalu mempunyai setumpuk dalih untuk menjelaskan mengapa? Orang dengan prestasi sedang-sedang saja cepat sekali menjelaskan mengapa mereka belum berhasil, mengapa mereka tidak berhasil, mengapa mereka tidak dapat berhasil, dan mengapa mereka bukan orang yang berhasil".
David J. Schwart


Senin, 07 September 2009

6 Kunci Pokok Search Engine Google Mengindex Blog Kita

6 Bagian Utama Search Engine Mengindex Blog AndaPada kesempatan ini saya akan berbagi tips blogging bagaimana sih caranya agar blog/web kita selalu terindex oleh search engine si mbah google? Okey...disini ada beberapa kunci pokok dalam tubuh Blog atau Web yang selalu tertangkap oleh Search Engine . Bagian inilah yang selalu di index ketika sebuah search engine akan menampilkan keywords yang dicari. Dari berbagai tulisan & analisa juga termasuk apa yang di sarankan oleh Google di Search Engine Optimization Starter Guide Saya merangkum setidaknya ada 6 kunci pokok  yang paling berpengaruh ketika search engine 'memeriksa' seluruh bagian tubuh blog atau web kita , diantaranya :



1. Seluruh Teks pada Halaman Blog


Teks merupakan elemen yang paling penting dari sebuah Blog. Salah satu cara yang akurat dalam rangka mengoptimasi Blog dimata search engine haruslah memperhatikan detail setiap text yang terpublish, sekalipun itu hanya sekedar menu-menu atau tulisan kecil yang berada di sudut-sudut page blog anda. Gunakan di tiap kesempatan , text yang terpublish adalah selalu berkaitan dengan Keywords yang anda bidik ,..sekecil apapun !! . Contoh kecil seperti menampilkan About Us . Jangan sembarangan mengisi keterangan About Us. Dengan menulis data pribadi anda yang tidak ada kaitannya dengan tema blog anda Isilah keterangan About Us dengan keywords yang disesuaikan dengan tema blog anda atau selalu berkaitan dengan keywords yang anda bidik . . Contoh lain adalah Gadget tambahan seperti Shout Mix Chat . Ini pun salah satu pengidentifikasian search engine terhadap blog anda. Selalu gunakan nama nick name anda dalam menu shout box anda dengan nama blog anda sendiri . Atau kalimat pada paragraf utama pada sebuah artikel. Para pakar SEO memandang bahwa paragraf pertama pada setiap artikel adalah hal yang wajib diperhatikan ketika akan mempublish .

2. Meta Tags Description

Ada dua Meta tags yang wajib anda perhatikan dan harus ada pada Blog anda. Diantaranya adalah Meta Keywords dan Meta Description. Meta Keywords adalah menempatkan phrase keywords yang anda bidik untuk tema blog anda. Sedangkan Meta Description adalah menempatkan uraian secara singkat mengenai tema dari blog anda . Dua Meta Tags ini adalah salah satu hal yang paling utama ketika search engine mengidentifikasikan blog anda .

3. ALT text pada Image

Memasang ALT Text pada image sebuah Artikel atau Content sangatlah berpengaruh. ALT Text itu sendiri adalah menampilkan keterangan text pada image ketika indikator mouse mengarah pada Image tersebut. Buatlah ALT Text sesuai keywords yang anda bidik dan sesuaikan dengan artikel yang anda sisipkan image didalamnya . Kesalahan umum dari sebagian orang dalam hal ini adalah mengimbuhkan ALT Text dengan kalimat yang sama atau keywords yang sama . Ini adalah salah satu hal yang di benci oleh Google. Karena ada kemungkinan Google menganggap bahwa hal itu adalah Spam . Hingga blog anda di banned ! atau tidak di index. Buatlah Alt Text yang berbeda dan sesuaikan dengan judul konten yang anda publish .

4. Title Tags

Title tag dipergunakan untuk memberikan judul halaman web. Setelah Title tag dipasang pada halaman web, judul tersebut akan ditampilkan pada baris paling atas pada jendela mesin pencari (pojok kiri atas, di luar isi jendela). Pada browser generasi baru yang memiliki fasilitas Tab, judul ini juga akan muncul pada Tab. Buatlah title pada blog anda , jangan abaikan hal ini. Title yang baik adalah yang memiliki karakter unik yang disesuaikan dengan visi secara umum blog anda.

5. Heading Tags

Heading tag juga merupakan aspek penting yang dianalisa mesin pencari. Heading tag terdiri dari 7 tingkatan dari H1 sampai H7 dimana H1 adalah yang paling tinggi dan paling penting. Kata kunci utama yang kita targetkan harus muncul pada H1.

6. Anchor Text

Anchor tag adalah tulisan yang jika di-click akan membawa pengunjung ke halaman lainnya biasanya dimasukan dalam blog itu sendiri . Anchor text adalah salah satu teknik SEO yang paling mendasar yang banyak dijadikan andalan bagi para PAKAR SEO dalam mengoptimalkan blognya . Tidak ada artikel yang terpublish dengan sia-sia . Jika dalam satu artikel memiliki kalimat keterkaitan deengan kalimat atau konten lain yang anda miliki , maka segeralah anda buat Anchor Text . Hampir semua mesin pencari selalu memprioritaskan text-text Unik yang memiliki Link atau perintah khusus seperti BOLD atau Italic .


Demikian ENAM kunci pokok ketika Search engine mengindex blog anda. Rumusan ini tidaklah mutlaq sebagai penentu utama menjadikan sebuah BLOG akan berada pada Ranking tertinggi . Namun demikian harus ditunjang dengan teknik-teknik seo lainnya yang harus anda terapkan diluar tubuh BLOG anda. Seperti mendaftarkan blog anda ke situs-situs social bookmarking atau situs-situs social networking melakukan promosi lewat Forum atau promosi lewat komentar bebas.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Bisnis Fantastis secara gratis melalui email

Delivered by FeedBurner

Sebaiknya baca juga artikel terkait berikut ini:

1 komentar:

  1. Yang ini saya sudah pasang semua mas Agus... mudah-mudahan blog kita semakin baik di search engine Google sehingga menaikkan trafik kunjungan.

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog saya,
silahkan meninggalkan komentar setelah membaca, berikan kritik dan saran untuk kemajuan blog ini. Mohon maaf kalau semua komentar dan pertanyaan belum sempat saya jawab.
Salam Hangat!

Domain & Hosting murah!

Like this Blog?

Bisnis Fantastis on Facebook

  © copyright 2009 Bisnis Fantastis is proudly powered by Ourblogtemplates.com

Kembali ke ATAS