Untuk Kebebasan Waktu dan Finansial Anda! Serta orang yang Anda Cintai.

"Orang yang tidak pernah ke mana-mana, dan tidak mempunyai rencana untuk tiba di suatu tempat, selalu mempunyai setumpuk dalih untuk menjelaskan mengapa? Orang dengan prestasi sedang-sedang saja cepat sekali menjelaskan mengapa mereka belum berhasil, mengapa mereka tidak berhasil, mengapa mereka tidak dapat berhasil, dan mengapa mereka bukan orang yang berhasil".
David J. Schwart


Selasa, 23 Juni 2009

Kekuatan Hyperlink

Setelah sekian pekan vacum tidak ada bahan satupun untuk diposting barulah sekarang mendapatkan inspire yang menurut saya lumayan bagus untuk kita jadikan pedoman dan pasti berguna juga buat teman-teman blogger, intinya begini anda pasti sudah tahu Hyperlink dan saya tidak bisa bayangkan apa yang terjadi ketika kekuatan hyperlink itu benar-benar bekerja? Apakah Anda pernah berharap dan membanyangkan kunjungan ke situs kita akan naik sangat signifikan, lalu pertanyaannya kembali ke kita Apakah karena konten-nya? Apakah karena produknya? Atau update konten yang bagus seperti situs semacam detik.com, okezone, kompas, tempo, dsb. itu belum ada apa-apanya? dibandingkan dengan Kekuatan hyperlink sebuah konten "hidup" dalam sebuah halaman situs yang dapat menghubungkan ke halaman situs lainnya.



Ada beberapa pengelompokan hyperlink. Yang pertama adalah yang disebut dengan Internal Anchors. Suatu saat mungkin anda pernah menjumpai sebuah halaman web yang berisi sebuah dokumen panjang, yang menjelaskan tentang suatu hal. Di wikipedia misalnya, anda pasti akan banyak menemukan sebuah artikel, penjelasan akan suatu hal yang berisi risalah panjang, mungkin terdiri dari beberapa bab, bahkan bisa jadi terdapat puluhan alenia. Bila anda perhatikan, banyak di dalam halaman dokumen tersebut, kata-kata atau kalimat yang merupakan hyperlink
–biasanya diset dengan warna font yang beda, atau digaris bawah-, yang merupakan konten hidup, dalam artian anda dapat meng-klik bagian konten tersebut. Dan bila diklik, ternyata terhubung masih di halaman situs yang sama, hanya pada bagian yang berbeda dari dokumen tersebut.
Ini adalah salah satu kelebihan sebuah dokumen di komputer dibanding dokumen hard-copy seperti buku, brosur, makalah. Bila saja dalam hard-copy terdapat kata-kata asing yang butuh menjelasan lebih lanjut, walaupun maksud dari kata itu juga dijelaskan di dalam dokumen yang sama, anda butuh waktu dan kejelian untuk mencari penjelasan di dokumen tersebut. Sementara sebuah dokumen di komputer, salah satunya di situs internet, bila saja anda yang menuliskan dokumen, dan dirasa sang pembaca boleh jadi akan bertanya tentang istilah asing atau hal yang butuh penjelasan lebih lanjut, anda cukup membuat hyperlink padanya. Konten tersebut di-klik dan langsung menuju pada penjelasan yang dimaksud. Bisa diset pada jendela yang sama, atau muncul jendela baru untuk memudahkan kembali ke konten semula.
Yang kedua adalah yang disebut sebagai ‘Mail To’. Sebuah konten hidup, bila diklik maka akan mengaktifkan mail-client pada komputer anda dan langsung ter-set pada alamat e-mail yang dituju sesuai yang dimaui pembuat konten.
Sedang yang ketiga adalah, yang disebut sebagai ‘Page Link’. Bila di-klik kemudian akan membuka halaman baru, bisa pada situs yang sama halaman lain, atau mungkin menuju situs yang beda, yang tentunya masih pada pokok pembicaraan yang sama dengan halaman sebelumnya. Bisa muncul pada jendela yang sama, atau membuka jendela baru pada halaman yang dituju. ‘Page Link’ bisa berupa kata, kalimat, gambar, ikon, tool-bar, yang diprogram untuk menuju ke halaman yang dituju.
Nah, pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana terjadinya ‘page-link’, karena hal inilah yang sangat menentukan sebuah kunjungan baru kepada situs anda.
Yang pertama, ‘page link’ bisa dibuat sendiri oleh pemilik situs. Tentunya dimaksudkan agar orang bisa dengan mudah terhubung ke situs kita. Seperti analogi bila anda memiliki sebuah toko di dunia nyata, kebetulan toko anda ini berada di sebuah gang kecil. Kemudian agar toko anda bisa dikunjungi, anda memasang tanda arah menuju ke toko anda di mana-mana. Dari ujung gang, mulut gang menuju jalan besar, tepi jalan besar, gambar denah di selebaran.
Memasang ‘page link’ bagi pemilik situs bisa dilakukan misalnya dengan membuat kebiasaan, setiap kali kita menulis mail –terutama bila kita memakai layanan webmail semacam yahoo atau gmail- selalu menuliskan link ke alamat situs kita. Kemudian bila kita mengikuti situs jejaring sosial semacam multiply, friendster, facebook, myspace, dsb, kita selalu rajin untuk menuliskan link menuju ke alamat situs kita. Atau mungkin kita cukup rajin memasang iklan di banyak situs penyedia layanan iklan, dan tidak pernah lupa menuliskan alamat situs kita, yang sebisa mungkin di-set dalam keadaan ‘hidup’. Artinya sang pembaca, tinggal mengarahkan kursor dan klik, langsung menuju ke situs anda, tanpa harus capai-capai copy-paste alamat ke web-browser.
Kemudian yang kedua, ‘page-link’ bisa terjadi dengan sendirinya oleh proses indexing yang dilakukan oleh provider penyedia layanan search-engine, semacam google, altavista, hotbot, yahoo, dsb. Mereka memiliki program yang sering disebut robot atau spider yang tugasnya setiap kali melompat dari satu link hidup ke link hidup lain, kemudian melakukan indexing setiap mereka singgah di link tersebut. Semakin banyak indexing yang terjadi, semakin besar kemungkinan sebuah halaman situs te-ranking secara baik. Lalu bagaimana caranya agar halaman situs kita sering terindex? Tentunya, cara yang baik –diluar cara-cara black-hat SEO, secara logika, bilasaja situs kita memang banyak disebut di banyak halaman situs lain. Atau bila konten maupun key-word dalam situs kita banyak disebut oleh situs-situs lain yang sejenis dengan situs kita.
Kemudian yang ketiga, ‘page link’ yang mengarah ke situs kita yang secara rela sengaja ditulis oleh orang lain di situs, mail atau blog mereka. Ada dua hal ekstrim sehingga orang rela menuliskan sebuah link yang mengarah ke sebuah situs tertentu. Yang pertama, situs itu begitu menarik, berguna dan memberikan banyak manfaat bagi para netter, terutama mengenai informasi yang ditulis, produk yang dijual, ataupun ilmu yang di-share padanya. Atau kemungkinan kedua, situs tersebut begitu kontroversi, bahkan mungkin mengundang kemarahan dan kebencian banyak orang.
Tapi,.. kita sebagai manusia tentunya sadar bahwa kita harus berusaha agar segala hal dalam kehidupan kita manusia ini selalu menjadi lebih baik, sehingga tak ada pilihan lain selain kita berusaha membuat situs atau blog yang banyak memberikan manfaat…





Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel Bisnis Fantastis secara gratis melalui email

Delivered by FeedBurner

Sebaiknya baca juga artikel terkait berikut ini:

1 komentar:

  1. Wah...thanks untuk tips-nya
    Sangat bermanfaat Boz.... :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog saya,
silahkan meninggalkan komentar setelah membaca, berikan kritik dan saran untuk kemajuan blog ini. Mohon maaf kalau semua komentar dan pertanyaan belum sempat saya jawab.
Salam Hangat!

Domain & Hosting murah!

Like this Blog?

Bisnis Fantastis on Facebook

  © copyright 2009 Bisnis Fantastis is proudly powered by Ourblogtemplates.com

Kembali ke ATAS